4 Tempat Lokasi Paling Dingin Sedunia

4 Tempat Lokasi Paling Dingin Sedunia
4 Tempat Lokasi Paling Dingin Sedunia

Geraiberita – Di belahan dunia terdapat negara-negara memiliki cuaca dan suhu sangat ekstrem, ada yang terlalu panas atau terlalu dingin. Tapi di kota-kota negara ini memiliki suhu dingin yang sangat ekstrem, seringkali suhunya mencapai titik yang mungkin tak terbayangkan oleh kita tinggal di negara tropis ini. Saking dinginnya, sampai suatu hari ada mahasiswa yang tinggal di Rusia melakukan percobaan saat musim dingin. Ia melempar air panas ke luar rumah.. Dan, air yang mendidih itu langsung menjadi salju.

Di kota-kota ini temperatur suhu udara saat musim dingin bisa mencapai hingga -50 derajat celcius. Lalu, kota apa saja yang memiliki suhu paling dingin di dunia pada saat musim dingin? Sebagai berikut:

1. Yakutsk, Rusia
Merdeka.com – Kota terdingin di dunia yang pertama yaitu kota Yakutsk di Rusia, pada musim dingin rata-rata temperaturnya antara -40 derajat Celcius hingga -50 derajat Celcius, bahkan pernah mencapai -65 derajat Celcius.

Walaupun memiliki cuaca yang sangat ekstrem pada saat musim dingin, tapi kota ini tetap dihuni oleh sekitar 300 ribu orang. Mata pencaharian penduduk kota ini terdapat pada industri pertambangan, dan kota ini punya beberapa pusat teater, museum, bahkan kebun binatang.

2. Verkhoyansk, Rusia
Merdeka.com – Masih di negara Rusia, kota terdingin dunia selanjutnya adalah kota Verkhoyansk. Kota Verkhoyansk berada di sekitar Sungai Yana atau sekitar 4.675 km dari ibukota negara Rusia yaitu Moskow. Suhu terendahnya bisa mencapai -69,8 derajat Celsius. Karena dinginnya suhu di kota tersebut, penduduknya selalu menggunakan topi yang terbuat dari bulu hewan, yang menutup kepala, juga jaket tebal. Mereka benar-benar tinggal di rumah jika suhu sungguh tak tertahankan.

Sebagai informasi, Verkhoyansk dulunya dipakai sebagai tempat pengasingan para tahanan politik, dari tahun 1860 hingga awal abad 20, karena lokasinya yang begitu dingin.

3. International Falls, Minnesota, AS
Merdeka.com – Meski tak sedingin seperti dua kota di Rusia, namun kota ini memiliki musim dingin yang panjang dan dingin dengan suhu terdingin mencapai minus 16 derajat Celcius. Suhu berada di 0 derajat hanya selama 60 malam dalam setahun, selebihnya kota ini tertutup salju tebal.

4. Fraser, Colorado
Merdeka.com – Kota kecil ini terletak di ketinggian 2.630 meter di atas permukaan laut di lereng pegunungan Rocky yang dihuni kurang dari 1.000 penduduk. Fraser adalah salah satu kota paling dingin di Amerika selama musim dingin, dengan suhu rata-rata 0 derajat Celcius.

Sumber : Merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*