Ketua DPR Sebut Persiapan Mudik Akan Gagal Kalau Angka Kecelakaan Naik

Ketua DPR Sebut Persiapan Mudik Akan Gagal Kalau Angka Kecelakaan Naik
Ketua DPR Sebut Persiapan Mudik Akan Gagal Kalau Angka Kecelakaan Naik

Geraiberita – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai persiapan musim mudik Lebaran tahun ini oleh Pemerintah dan Polri sudah dilakukan secara matang. Namun, dikatakan Bamsoet, dalam penilaian itu nanti indikatornya adalah angka kecelakaan menurun atau sebaliknya naik dari tahun lalu.

Karena kalau angka kecelakaan naik maka Pemerintah dan Polri gagal dalam persiapan mudik. Setelah melakukan pemantauan keamanan dan kenyamanan serta kelancaran arus mudik bagi pemudik cukup mendapat perhatian Pemerintah dan Polri, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya keduanya mempunyai peran penting dalam penanganan arus mudik tahun ini.

“Pemerintah dan Polri punya peran penting dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran,” katanya saat ikut meninjau Pos Terpadu Operasi Ketupat di Cikopo, Minggu (10/6).

Peran Pemerintah ditunjang oleh Kementerian PUPR dan Kemenhub punya tanggung jawab besar dalam memastikan kenyamanan dan keamanan arus mudik baik jalur darat,udara dan laut.

“Persiapan sarana dan Prasarana Transportasi mencegah penumpukan penumpang,” tambah Bamsoet.

Hal lain yang paling penting, lanjut Bamsoet, ketersediaan pasokan bahan bakar minyak oleh Kementerian Emergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus mendapat perhatian serius dari Pertamina sehingga stok BBM tercukupi selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Ketersediaan stok BBM harus menjadi jaminan bagi kemudahan masyarakat mendapatkan BBM,” tuturnya.

Indikatornya penilaian, menurut Polistisi Golkar ini adalah angka kecelakaan pada tahun ini naik apa turun dari tahun sebelumnya. Kalau angka kecelakaan menurun persiapan pelayanan pemerintah dan aparat keamanan lebih baik tapi kalau sebaliknya berarti Pemerintah dan Polri gagal.

Sumber : Merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*