Perolehan Suara Pasangan Sutiaji – Sofyan Edi Mencapai 44.51 Persen

Perolehan Suara Pasangan Sutiaji - Sofyan Edi Mencapai 44.51 Persen
Perolehan Suara Pasangan Sutiaji - Sofyan Edi Mencapai 44.51 Persen

Geraiberita – Perolehan suara pasangan Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko jauh meninggalkan dua pasangan lain. Hitung cepat (quick count) Pilkada Kota Malang mencatat pasangan nomor 3 mengantongi 163.001 suara atau 44.51 persen.

Pasangan nomor 2, H Anton dan Syamsul Mahmud berhasil mengantongi 133.985 suara atau 36.58 persen. Sementara pasangan nomor 1, Yaqud Ananda Gudban – Wanedi meraih 69.251 suara atau 18.91 peren.

“Suara yang sudah masuk berdasarkan entri model C-1 sebesar 98,86 persen atau 1.384 TPS dari 1.400 TPS. Bergesernya hanya sedikit, sudah tidak terkejar,” kata Ashari Husein, Komisioner Bidang Sosialisasi dan Humas KPUD Kota Malang, Jumat (29/6).

Ashari mengatakan jumlah pemilih sebanyak 599.322 orang, sementara yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 394.028. Suara sah sebanyak 366.259 dan tidak sah sebanyak 26.580 suara.

“Ternyata dampak dari penahanan dua calon sangat besar, ditambah anggota dewan yang juga ditahan. Potensi suara yang hilang dari kontituen anggota dewan plus dua calon,” katanya.

Kata Ashari tim terus bekerja selama 24 jam untuk menyelesaikan imputing data C-1 ke server KPU. Namun karena kondisi server yang diakses ramai-ramai terjadi kelambatan dan kali server down.

Selain itu, terhitung hari ini akan dilakukan rekaputilasi manual di tingkat kecamatan. Waktu yang diberikan untuk rekapitulasi kecamatan selama 3-6 hari. Sekitar 5 Juli, jika tidak halangan dilakukan penghitungan di Kantor KPU Kota Malang.

Sementara itu, Tim Data sekaligus Koordinator Relawan Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko (SAE) mengatakan calonnya sementara menang di 55 kelurahan dari 57 kelurahan di Kota Malang. Kemamangan terjadi di empat kecamatan dari lima kecamatan, masing-masing Kedungkandang, Blimbing, Sukun dan Klojen.

“Hanya kalah di Kecamatan Lowokwaru, karena kekalahan di Kelurahan Tlogomas dan Dinoyo,” katanya.
Sementara itu Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko telah menggelar deklarasi kemenangan. Deklarasi dihadiri oleh dua partai pengusung yakni Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Sumber : Merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*