Rusia Berhasil Bekuk Arab Saudi 5-0 Tanpa Balas

Rusia Berhasil Bekuk Arab Saudi 5-0 Tanpa Balas
Rusia Berhasil Bekuk Arab Saudi 5-0 Tanpa Balas

Geraiberita – Penantian panjang untuk Piala Dunia 2018 berakhir sudah. Turnamen akbar empat tahunan ini dibuka dengan pertandingan Grup A antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6). Rusia menang telak 5-0 dan mengawali sepak terjangnya dengan cara yang sempurna.

Rusia membuka keunggulan lewat gelandang Gelandang Yuri Gazinskiy. Gol pertama Piala Dunia 2018 itu tercipta di menit 12. Pemain pengganti Denis Cheryshev menggandakannya di menit 43. Pemain pengganti lainnya, Artem Dzyuba, menyarangkan gol ketiga Rusia di menit 71. Cheryshev membuat Arab Saudi makin menderita dengan sebuah gol indah pada menit 91. Dua menit berselang, Aleksandr Golovin menutup pesta gol Rusia dengan eksekusi tendangan bebasnya.

Berikutnya, 20 Juni mendatang, Rusia akan melawan Mesir. Sementara itu, Arab Saudi akan menantang tim terkuat di grup ini, yakni Uruguay.

Arab Saudi menjadi tim Asia pertama yang memainkan partai pembukaan Piala Dunia. Mereka tentu tak ingin tampil mengecewakan, tapi tak berdaya di hadapan tuan rumah.

Di bawah dukungan penuh para suporternya, Rusia mencoba mengambil inisiatif serangan. Setelah beberapa kali berusaha, serangan Rusia akhirnya membuahkan hasil ketika laga belum genap 15 menit. Gol pembuka mereka dapatkan diawali sebuah situasi bola mati. Corner Rusia gagal disapu bersih oleh Arab Saudi, dan bola dikuasai oleh Aleksandr Golovin di sektor kiri. Dia kemudian melepas crossing ke tiang jauh, dan bola pun bersarang di dalam gawang setelah ditanduk menyilang oleh Gazinskiy.

Gol itu membuat Rusia semakin bersemangat. Namun sayang, di menit 24, mereka mendapatkan sebuah pukulan. Salah satu gelandang andalannya, Alan Dzagoev, mengalami cedera hamstring dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Denis Cheryshev dimasukkan untuk menggantikannya. Winger Villarreal mantan pemain Real Madrid itu tak menyia-nyiakan kesempatan turun ke lapangan. Dua menit sebelum habis waktu normal babak pertama, dia menggandakan keunggulan Rusia.

Finishing touch Rusia lebih efektif daripada Arab Saudi. Sepanjang babak pertama, Rusia tercatat melepaskan dua tembakan tepat sasaran dan keduanya terkonversi menjadi gol. Arab Saudi tanpa shot on target di babak pertama. The Green Falcons perlu bertahan lebih baik dan meningkatkan kualitas serangan mereka setelah jeda jika tak ingin jadi bulan-bulanan Rusia.

Arab Saudi bermain sedikit lebih baik di babak kedua. Mereka mendominasi penguasaan bola, tapi kesulitan membangun serangan. Sementara itu, Rusia justru beberapa kali mengancam lewat serangan baliknya. Rusia mendapatkan dua peluang emas lewat Cheryshev dan gelandang Roman Zobnin, tapi bisa dimentahkan oleh kiper Abdullah Al-Mayoof.

Gol ketiga tak kunjung datang, pelatih Stanislav Cherchesov pun menarik Fedor Smolov dan memasukkan Artem Dzyuba di menit 70. Hasilnya instan. Tak sampai satu menit di lapangan, penyerang 29 tahun Rusia itu membobol gawang Arab Saudi. Golovin lagi yang merancang assist.

Cheryshev rupanya ingin membuktikan bahwa dia pantas jadi starter di laga-laga selanjutnya. Itu dia tunjukkan dengan gol kedua yang dicetaknya lewat tendangan setengah voli ke sudut atas gawang lawan.

Selesai? Belum. Di menit ke-3 injury time, Golovin membobol gawang Arab Saudi dengan tendangan bebasnya. Setelah merancang dua assist, Golovin mencetak gol penutup. Kemenangan sempurna dan start ideal pun diraih Rusia. (bola/gia)

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Yuri Zhirkov; Yuri Gazinskiy, Roman Zobnin; Aleksandr Samedov (Daler Kuzyaev 64), Alan Dzagoev (Denis Cheryshev 24), Aleksandr Golovin (kuning 88); Fedor Smolov (Artem Dzyuba 70).
Pelatih: Stanislav Cherchesov.

Arab Saudi (4-1-4-1): Abdullah Al-Mayoof; Mohammed Al-Burayk, Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Yasir Al-Shahrani; Abdullah Otayf (Fahad Al Muwallad 64); Salem Al Dawsari, Salman Al Faraj, Taiseer Al Jassam (kuning 90), Yahya Al-Shehri (Hattan Bahebri 74); Mohammed Al Sahlawi (Mohannad Aseri 85).
Pelatih: Juan Antonio Pizzi.

Sumber : Bola.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*